Faktor Pendukung Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
0
komentar
Herwin. 2009. Faktor Pendukung Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di Jurusan Otomotif SMK Kartika VII-I Makassar dari aspek: (1) pemberian otonomi kepada sekolah dan satuan pendidikan dalam hal (a) kewenangan mengembangkan pembelajaran, (b) kewenangan menggali dan mengelola sumber dana; (2) partisipasi masyarakat dan orang tua siswa dalam hal (a) memberi bantuan dana, (b) menjadi nara sumber dalam kegiatan sekolah, (c) ikut serta merumuskan program yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pembelajaran; (3) kepemimpinan yang demokratis dan professional dalam hal (a) musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan, (b) bekerja berdasarkan job yang telah disepakati bersama; (4) tim kerja yang kompak dan transparan dalam hal (a) bekerjasama secara tim dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (b) menilai masing-masing kelemahan diri dan berupaya memperbaiki dalam kerangka tim, (c) terbuka terhadap kritik dan saran yang sifatnya membangun, (d) serta transparansi penggunaan dana.
Populasi terdiri atas guru Jurusan Otomotif yang berjumlah 12 orang sekaligus selaku responden. Pengambilan data menggunakan teknik angket tertutup yang berskala nominal. Data di analisis dengan analisis frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada Jurusan Otomotif SMK Kartika VII-I Makassar pada aspek otonomi sekolah belum diterapkan secara luas; partisipasi masyarakat dan orang tua siswa cukup tinggi; kepemimpinan diterapkan secara demokratis dan profesional; serta tim kerja sekolah bekerja dengan kompak dan transparan.
Dalam bentuk pdf, anda dapat mendownload selengkapnya Skripsi Faktor Pendukung Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
sumber gambar: blog.umy.ac.id
Dalam bentuk pdf, anda dapat mendownload selengkapnya Skripsi Faktor Pendukung Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
sumber gambar: blog.umy.ac.id
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Faktor Pendukung Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Ditulis oleh asharologi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://seputarpenelitian.blogspot.com/2013/02/faktor-pendukung-pelaksanaan-kurikulum-tingkat-satuan-pendidikan-.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh asharologi
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar
Silah tinggalkan komentar untuk tanggapan atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya klik link 'subscribe by email'. Jika ada link download yang bermasalah segera disampaikan. Anda juga dapat berlangganan artikel kami via Email atau ikuti kami di Media Sosial.
KOMENTAR BERISI LINK HIDUP dan tidak sesuai dengan 'kebijakan komentar' akan langsung dihapus. Komentar dimoderasi karena banyaknya spam. Jangan lupa tolong infokan kami jika ada Link Download bermasalah, insya Allah segera kami perbaiki. Terima kasih atensinya, Salam...