Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
0
komentar
Mahmud Arni. 2008. Persepsi Guru Bahasa Indonesia Terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru Bahasa Indonesia terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMA Negeri di Kabupaten Sinjai. Variabel dalam penelitian ini adalah Persepsi guru Bahasa Indonesia terhadap KTSP yang terdiri dari dua sub variabel: (1) Tingkat pengetahuan guru Bahasa Indonesia terhadap KTSP dengan indikator (a) Konsep dasar KTSP; (b) Ruang lingkup KTSP; (c) Proses pembelajaran; dan (d) Sistem penilaian KTSP pada SMA Negeri di Kabupaten Sinjai;
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru Bahasa Indonesia terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMA Negeri di Kabupaten Sinjai. Variabel dalam penelitian ini adalah Persepsi guru Bahasa Indonesia terhadap KTSP yang terdiri dari dua sub variabel: (1) Tingkat pengetahuan guru Bahasa Indonesia terhadap KTSP dengan indikator (a) Konsep dasar KTSP; (b) Ruang lingkup KTSP; (c) Proses pembelajaran; dan (d) Sistem penilaian KTSP pada SMA Negeri di Kabupaten Sinjai;
(2) sikap guru Bahasa Indonesia terhadap KTSP dengan indikator (a) Konsep dasar KTSP; (b) Ruang lingkup KTSP; (c) Proses pembelajaran; dan (d) Sistem penilaian KTSP pada SMA Negeri di Kabupaten Sinjai. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel populasi. Subyek penelitian semua guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Sinjai yang terdiri dari 25 orang.
Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes pengetahuan terdiri dari 20 item dan angket sikap yang terdiri dari 32 item. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan guru Bahasa Indonesia terhadap KTSP di SMA Negeri Kabupaten Sinjai dengan indikator (a) Konsep dasar KTSP dikategorikan Sangat tinggi dan Tinggi yakni 36%; (b) Ruang lingkup KTSP dikategorikan tinggi yakni 64%; (c) Proses pembelajaran dikategorikan sangat rendah yakni 32%; dan (d) Sistem penilaian KTSP dikategorikan cukup tinggi yakni 52%.
Secara umum Tingkat pengetahuan dikategorikan tinggi yakni 60% dan sikap guru Bahasa Indonesia terhadap KTSP di SMA Negeri Kabupaten Sinjai dengan indikator (a) Konsep dasar KTSP dikategorikan Positif yakni 72%; (b) Ruang lingkup KTSP dikategorikan positif yakni 84%; (c) Proses pembelajaran dikategorikan positif yakni 80%; (d) Sistem penilaian KTSP dikategorikan Positif yakni 72%, secara umum sikap dikategorikan positif yakni 92%.
Dalam bentuk pdf, Anda dapat mendownload selengkapnya Skripsi Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
sumber gambar: myindismart.blogspot.com
Dalam bentuk pdf, Anda dapat mendownload selengkapnya Skripsi Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
sumber gambar: myindismart.blogspot.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Ditulis oleh asharologi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://seputarpenelitian.blogspot.com/2013/02/persepsi-guru-terhadap-ktsp.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh asharologi
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar
Silah tinggalkan komentar untuk tanggapan atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya klik link 'subscribe by email'. Jika ada link download yang bermasalah segera disampaikan. Anda juga dapat berlangganan artikel kami via Email atau ikuti kami di Media Sosial.
KOMENTAR BERISI LINK HIDUP dan tidak sesuai dengan 'kebijakan komentar' akan langsung dihapus. Komentar dimoderasi karena banyaknya spam. Jangan lupa tolong infokan kami jika ada Link Download bermasalah, insya Allah segera kami perbaiki. Terima kasih atensinya, Salam...