Penerapan Pembelajaran Terbalik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Posted by asharologi 0 komentar

Andi Satriani. 2009. Penerapan Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dalam Meningatkan Hasil Belajar Biologi Siswa

Metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) merupakan suatu metode yang memandirikan siswa untuk belajar dengan menerapkan empat strategi, yaitu menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan, menyelesaikan soal-soal, dan menjelaskan kembali pengetahuan yang diperolehnya.

pembelajaran terbalikPenelitian ini membahas tentang penerapan pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN Lappariaja Kab. Bone, dimana kelas XIa selaku kelompok kontrol dan kelas XIb selaku kelompok eksperimen dengan jumlah keseluruhan siswa 60 orang. 

Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Pengolahan data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran terbalik (bebas) dan hasil belajar biologi (terikat).

Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar biologi yang menggunakan metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching). Dari perbandingan hasil belajar akhir siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, rata-rata pada kelompok eksperimen 76,08 dalam interval 75-89 pada kategori tinggi dengan persentase 56,34%, sementara pada kelompok kontrol skor rata-ratanya sebesar 57,03 dalam interval 55-74 pada kategori rendah dengan persentase 63,34%.

Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar dari kategori rendah menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 76,08. Hal ini berarti terdapat peningkatan yang maksimal dengan menggunakan metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) dibanding tanpa menggunakan metode pembelajaran terbalik. Hasil analisis menunjukkan nilai H0 ditolak. Jadi ini berarti bahwa penggunaan metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) mempunyai pengaruh positif terhadap penguasaan materi biologi siswa kelas XI IPA MAN Lappariaja Kab. Bone.

Dalam bentuk PDF, Anda dapat mendownload secara lengkap Skripsi Penerapan Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
sumber gambar: wbungs.blogspot.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Penerapan Pembelajaran Terbalik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Ditulis oleh asharologi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://seputarpenelitian.blogspot.com/2013/02/penerapan-pembelajaran-terbalik-reciprocal-teaching.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Silah tinggalkan komentar untuk tanggapan atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya klik link 'subscribe by email'. Jika ada link download yang bermasalah segera disampaikan. Anda juga dapat berlangganan artikel kami via Email atau ikuti kami di Media Sosial.
KOMENTAR BERISI LINK HIDUP dan tidak sesuai dengan 'kebijakan komentar' akan langsung dihapus. Komentar dimoderasi karena banyaknya spam. Jangan lupa tolong infokan kami jika ada Link Download bermasalah, insya Allah segera kami perbaiki. Terima kasih atensinya, Salam...

Artikel Paling Sering Didownload

Pengumuman

Kepada pengunjung blog ini diumumkan bahwa sejak september 2015 nama domain blog ini telah berubah dari tentang-penelitian.blogspot.com menjadi seputarpenelitian.blogspot.com
demikian, harap maklum.

admin
Template by Trik Mudah Seo | Copyright of Seputar Penelitian.