Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Posted by asharologi 0 komentar
Ashar. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Pada Mata Kuliah Perilaku Berkarya.


Penelitian ini merupakan penelitian ekspose-facto bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama antara motivasi belajar dan disiplin terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik otomotif pada mata kuliah perilaku berkarya. Populasi penelitian 114 orang, jumlah sampel 53 orang mahasiswa diambil secara proportional random sampling

motivasi belajarHasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar, disiplin dan prestasi belajar pada kategori cukup, yaitu (58%, 55% dan 61%). Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik otomotif pada mata kuliah perilaku berkarya di mana harga koefisien F hitung lebih besar dari F tabel (15,781 > 4,03) pada taraf kesalahan 5%, sedangkan nilai R hitung lebih besar dari R tabel (0,486 > 0,297), ini menunjukkan motivasi belajar berkorelasi positif dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik otomotif pada mata kuliah perilaku berkarya. 

Disiplin juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik otomotif pada mata kuliah perilaku berkarya di mana harga koefisien F hitung lebih besar dari F tabel (11,079 > 4,03) pada taraf kesalahan 5%, sedangkan nilai R hitung lebih besar dari R tabel (0,422 > 0,297), ini menunjukkan disiplin berkorelasi positif dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik otomotif pada mata kuliah perilaku berkarya. 

Selain itu ditemukan pula bahwa motivasi belajar dan disiplin secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar di mana harga koefisien F hitung lebih besar dari F tabel (8,675 > 3,18) pada taraf kesalahan 5%, sedangkan nilai R hitung lebih besar dari R table (0,508 > 0,297), ini menunjukkan motivasi belajar dan disiplin secara bersama-sama berkorelasi positif dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik otomotif pada mata kuliah perilaku berkarya. 

Nilai R Adjusted Square (koefisien determinasi disesuaikan) sebesar 0,228 yang berarti bahwa besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama antara motivasi belajar dan disiplin terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik otomotif pada mata kuliah perilaku berkarya sebesar 22,8%. Hasil ini menunjukkan bahwa sebesar 77,2% prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik otomotif pada mata kuliah perilaku berkarya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Dalam bentuk pdf, anda dapat mendownload secara lengkap Skripsi Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.
sumber gambar: womenworld.org
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
Ditulis oleh asharologi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://seputarpenelitian.blogspot.com/2013/02/pengaruh-motivasi-belajar-dan-disiplin-terhadap-prestasi-belajar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Silah tinggalkan komentar untuk tanggapan atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya klik link 'subscribe by email'. Jika ada link download yang bermasalah segera disampaikan. Anda juga dapat berlangganan artikel kami via Email atau ikuti kami di Media Sosial.
KOMENTAR BERISI LINK HIDUP dan tidak sesuai dengan 'kebijakan komentar' akan langsung dihapus. Komentar dimoderasi karena banyaknya spam. Jangan lupa tolong infokan kami jika ada Link Download bermasalah, insya Allah segera kami perbaiki. Terima kasih atensinya, Salam...

Artikel Paling Sering Didownload

Pengumuman

Kepada pengunjung blog ini diumumkan bahwa sejak september 2015 nama domain blog ini telah berubah dari tentang-penelitian.blogspot.com menjadi seputarpenelitian.blogspot.com
demikian, harap maklum.

admin
Template by Trik Mudah Seo | Copyright of Seputar Penelitian.