Metode Pembelajaran Karyawisata dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Puisi

Posted by asharologi 0 komentar

Nurhidayat. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Karyawisata dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Puisi Siswa. 

Penelitian ini bertujuan untuk merancang (1) perencanaan penerapan metode pembelajaran karyawisata dalam meningkatkan kreativitas menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kabupaten Jeneponto, (2) pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kreativitas menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kabupaten Jeneponto,(3) evaluasi/penilaian penerapan metode pembelajaran karyawisata dalam meningkatkan kreativitas menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kabupaten Jeneponto.

gambar pembelajaran karyawisataPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam empat tahap. Data tentang observasi siswa dianalisis secara kualitatif yaitu dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, adapun hasil menulis puisi siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran karyawisata dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kabupaten Jeneponto pada siklus I dinyatakan belum berhasil karena di dalam proses pembelajaran motivasi dan kreativitas siswa menulis puisi belum mencapai indikator yang ingin dicapai dalam penerapan metode pembelajaran karyawisata; (2) penerapan metode pembelajaran karyawisata pada siklus II dinyatakan berhasil dalam meningkatkan kreativitas menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kabupaten Jeneponto.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada: (1) guru kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kabupaten Jeneponto untuk menerapkan metode pembelajaran karyawisata; (2) Kompetensi guru kelas VII smp negeri 2 turatea kabupaten jeneponto dalam menerapkan metode pembelajaran karyawisata tidak monoton dan mengarahkan siswa dalam meningkatkan daya imajinasi siswa; (3) para peneliti dibidang yang sama agar melakukan penelitian lebih lanjut tentang penerapan metode pembelajaran karyawisata dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis puisi.

Dalam bentuk PDF, anda dapat mendownload selengkapnya Skripsi Penerapan Metode Pembelajaran Karyawisata dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Puisi Siswa.
sumber gambar: smpmuhammadiyah13jkt.wordpress.com 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Metode Pembelajaran Karyawisata dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Puisi
Ditulis oleh asharologi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://seputarpenelitian.blogspot.com/2013/02/penerapan-metode-pembelajaran-karyawisata.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Silah tinggalkan komentar untuk tanggapan atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya klik link 'subscribe by email'. Jika ada link download yang bermasalah segera disampaikan. Anda juga dapat berlangganan artikel kami via Email atau ikuti kami di Media Sosial.
KOMENTAR BERISI LINK HIDUP dan tidak sesuai dengan 'kebijakan komentar' akan langsung dihapus. Komentar dimoderasi karena banyaknya spam. Jangan lupa tolong infokan kami jika ada Link Download bermasalah, insya Allah segera kami perbaiki. Terima kasih atensinya, Salam...

Artikel Paling Sering Didownload

Pengumuman

Kepada pengunjung blog ini diumumkan bahwa sejak september 2015 nama domain blog ini telah berubah dari tentang-penelitian.blogspot.com menjadi seputarpenelitian.blogspot.com
demikian, harap maklum.

admin
Template by Trik Mudah Seo | Copyright of Seputar Penelitian.