Analisa Faktor Penghambat Tidak Berhasilnya Pelaksanaan Desa Siaga

Posted by asharologi 0 komentar
Ridwan. 2012. Analisa Faktor Penghambat Tidak Berhasilnya Pelaksanaan Desa Siaga Di Desa Tongko Kecamatan Lage Kabupaten Poso.

Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi secara mendalam tentang faktor tidak berhasilnya pelaksanaan program desa siaga di desa Tongko, terutama masalah sumberdaya manusianya, keaktifan tenaga pelaksana, pemberdayaan masyarakat, fasilitas sarana dan prasarana, evaluasi dan pelaporan.
desa siagaPenelitian ini bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.  Informan diambil dari pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten, Puskesmas, Desa, Bidan dan Kader Kesehatan. Data dianalisa dengan analisis kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumberdaya manusia yang meliputi sosialisasi dan advokasi, pelatihan tenaga pelaksana, keaktifan tenaga pelaksana dan pergerakan pemberdayaan masyarakat tidak berjalan maksimal. Pengembangan sarana pendukung seperti poskesdes dan wadah forum desa tidak berjalan maksimal. Dalam tahap pemantauan dan pelaporan juga tidak berjalan dengan baik, karena tidak adanya format pelaporan yang jelas. Dapat di simpulkan bahwa desa siaga tidak berjalan dengan baik.

Disarankan kepada dinas kesehatan agar mengupayakan dalam pelaksanaan program harus didukung oleh stake holder agar sosialisasi dan advokasi program-program dapat dilaksanakan dengan baik. Pada tingkat puskesmas dan tenaga pelaksana di desa agar dapat melakukan pendekatan secara terus menerus kepada masyarakat agar masyarakat dapat dan mau membantu/merespon program desa siaga secara maksimal.***

Dalam bentuk pdf, Anda dapat mendownload Tesis ini selengkapnya melalui file Analisa Faktor Penghambat Tidak Berhasilnya Pelaksanaan Desa Siaga.
sumber gambar: promkesbangli.blogspot.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Analisa Faktor Penghambat Tidak Berhasilnya Pelaksanaan Desa Siaga
Ditulis oleh asharologi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://seputarpenelitian.blogspot.com/2013/02/analisa-faktor-penghambat-tidak-berhasilnya-pelaksanaan-desa-siaga.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Silah tinggalkan komentar untuk tanggapan atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya klik link 'subscribe by email'. Jika ada link download yang bermasalah segera disampaikan. Anda juga dapat berlangganan artikel kami via Email atau ikuti kami di Media Sosial.
KOMENTAR BERISI LINK HIDUP dan tidak sesuai dengan 'kebijakan komentar' akan langsung dihapus. Komentar dimoderasi karena banyaknya spam. Jangan lupa tolong infokan kami jika ada Link Download bermasalah, insya Allah segera kami perbaiki. Terima kasih atensinya, Salam...

Artikel Paling Sering Didownload

Pengumuman

Kepada pengunjung blog ini diumumkan bahwa sejak september 2015 nama domain blog ini telah berubah dari tentang-penelitian.blogspot.com menjadi seputarpenelitian.blogspot.com
demikian, harap maklum.

admin
Template by Trik Mudah Seo | Copyright of Seputar Penelitian.